Pelatihan Administrasi Perkantoran Jogja

Pelatihan Administrasi Perkantoran Jogja

Pelatihan Administrasi Perkantoran Jogja merupakan suatu program pelatihan untuk meningkatkan kinerja seseorang dalam perusahaan. Kantor merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang melakukan kegiatan tata usaha. Salah satunya adalah administrasi. Administrasi perkantoran tidak hanya sebatas pada surat-menyurat, melainkan berkaitan dengan sebagian tata kelola perusahaan.

Administrasi perkantoran, menurut KBBI, merupakan usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Hal-hal yang menyangkut administrasi perkantoran yaitu catat-mencatat, surat-menyurat, ketik-mengetik, pelaporan hingga pembukuan.

Secara luas, administrasi perkantoran dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan didalam perusahaan. Tujuan dari administrasi perkantoran adalah terkelolanya informasi serta pemberkasan didalam perusahaan. Informasi yang dikelolah akan menjadi bahan bagi perusahaan untuk melancarkan kegiatannya sesuai dengan visi misi yang diterapkan oleh perusahaan.

Tujuan dari mengikuti pelatihan adminitrasi perkantoran Jogja adalah agar seorang karyawan dapat memaksimalkan perannya bagi organisasinya masing-masing. Bagi perusahaan hal ini akan bermanfaat ketika SDM-nya tidak hanya melakukan tugasnya, juga memberikan sikap positif terhadap pekerjaan yang dijalaninya. Sehingga, pelatihan ini dapat memberikan solusi untuk mencapai profesionalitas dalam pekerjaan.

Pelatihan Administrasi Perkantoran Jogja akan membahas fungsi-fungsi dari kegiatan-kegiatan administrasi perkantoran. Kegiatan perencanaan adalah salah satu upaya perusahaan untuk merencanakan suatu kegiatan yang akan dijalankan oleh perusahaan tersebut. Meliputi apa yang akan dilakukan, apa saja yang dibutuhkan, berapa biaya yang dibutuhkan, dimana lokasi yang akan digunakan.

Sementara itu, kegiatan pengorganisasian merupakan organisir perusahaan, meliputi pembagian tugas, penyediaan sarana dan prasarana, serta pemeliharaan komunikasi. Pengorganisasian adalah salah satu pembagian sumber daya didalam perusahaan. Mengenai hal tersebut, pelatihan Administrasi perkantoran Jogja akan mempelajarinya dalam pengelolaan sumber daya, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, sampai sumber daya keuangan.

Selanjutnya adalah pengarahan. Pengarahan dilakukan perusahaan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Pengarahan juga merupakan upaya perusahaan untuk memberikan informasi terhadap karyawan tentang tugas-tugasnya. Apabila karyawan mengalami kendala, fungsi dari pengarahan ini juga dapat memberikan solusi terhadap kendala-kendala tersebut.

Fungsi pengawasan dijalankan saat kegiatan sedang atau telah dilaksanakan. Fungsi pengawasan berguna untuk meninjau kegiatan tersebut. Apakah kegiatan tersebut dapat dijalankan sesuai dengan rencana atau apakah kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali. Pengawasan adalah suatu evaluasi bagi perusahaan dan berfungsi untuk memastikan apakah rencana yang dilakukan perusahaan sudah tepat sesuai dengan sasaran atau tidak.

Seorang administrasi perkantoran dalam perusahaan bertugas untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut. Dalam pelatihan administrasi perkantoran Jogja, seorang adminis akan berlatih bagaimana menjalankan tugas-tugas seorang administrasi perkantoran, seperti pelaporan dan pembukuan.

Pelaporan merupakan tahapan ketika suatu kegiatan yang direncanakan telah dilaksanakan. Pelaporan dilakukan oleh seorang administrasi perkantoran berkaitan dengan arsip. Hal tersebut saling berkaitan karena pelaporan akan menjadi acuan untuk perusahaan dalam menjalanankan kegiatan yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Setelah pelaporan, pembukuan adalah tugas akhir periode yang harus dilakukan. Pembukuan merupakan penggabungan dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan perusahaan. Biasanya, pembukuan dilakukan dalam setiap periode. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya keterlambatan antara pelaksanaan kegiatan dengan pelaporan maupun pembukuan di setiap periode.

Pelatihan administrasi perkantoran Jogja juga tidak terbatas pada pelatihan karyawan. Namun, mahasiswa/i yang ingin mendapatkan ilmu tentang administrasi perkantoran juga dapat mengikuti pelatihan. Salah satu manfaat yang akan didapatkan adalah kesiapan dalam dunia pekerjaan. Terutama bagi mahasiswa/i yang ingin menjadi seorang administrasi perkantoran.

Apalagi pada era digital ini, semua kegiatan administrasi perkantoran dikerjakan dengan sistem komputerisasi atau sistem yang menggunakan komputer. Saat ini, sistem surat-menyurat dan ketik-mengetik merupakan tugas wajib bagi seorang administrasi perkantoran. Ditambah dengan kegiatan pembukuan dan pelaporan, yang menjadi rutinitas setiap periode dalam perusahaan. Seorang administrasi perkantoran tentu harus paham dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Untuk itu, pelatihan administrasi perkantoran Jogja akan memberikan sarana bagi siapapun yang ingin belajar lebih mengenai administrasi perkantoran. Memahami tugasnya, perannya, maupun fungsi-fungsi dari seorang administrasi perkantoran adalah syarat mutlak untuk mengapai keinginan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *