Pelatihan Desain Grafis Jogja

Pelatihan Desain Grafis Jogja

Pelatihan desain grafis jogja salah satu program peningkatan kemampuan menggambar dan berkomunikasi. Desain grafis berasal dari 2 kata yakni desain dan grafis. Desain dapat diartikan sebagai proses mengatur segala sesuatu sebelum merancang atau dapat diartikan sebagai proses untuk membuat dan menciptakan obyek yang baru. Sedangkan grafis adalah proses untuk mengkomunikasikan suatu obyek untuk menciptakan suatu pesan.

Dilansir dalam Wikipedia, desain grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Desain grafis membutuhkan ide dan kreativitas untuk menciptakan karya yang dapat dinikmati dan dipahami oleh penontonnya. Hal ini membutuhkan pemikiran khusus, terlebih untuk menggabungkan keduanya yaitu gambar dan komunikasi.

Pelatihan desain grafis Jogja meliputi pembahasan ilmu desain grafis, yakni seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. Seni visual merupakan ilmu yang membahas tentang fotografi. Tipografi adalah seni memadu-padankan huruf-huruf, seperti merancang, menyusun, dan modifikasi. Tata letak atau layout merupakan seni menyusun penempatan antara gambar dengan huruf. Sedangkan itu, desain interaksi adalah sebuah pengembangan tampilan untuk memberikan kenyamanan terhadap pengguna.

Desain grafis merupakan kombinasi diantara keempat ilmu tersebut. Menjadi seorang desain grafis dituntut untuk memiliki keterampilan sebagai pemecah masalah atau problem solver. Karena menjadi seorang desain grafis adalah seseorang yang harus menyampaikan pesan yang dikemas dengan gambar dan kata-kata. Dalam pelatihan desain grafis jogja akan membahas bagaimana agar pesan tersebut dapat menarik perhatian dan bagaimana agar pesan mudah dimengerti.

Seorang Desainer Grafis harus memiliki 5 keilmuan, yaitu : wawasan teknologi, sains, seni, sosial dan budaya, serta filsafat dan etika. Melalui pelatihan desain grafis jogja dipelajari dan dibahas satu per satu mengenai keilmuan-keilmuan itu, yang merupakan kunci dari seorang desain grafis.

Selain keilmuan, menjadi seorang desainer grafis juga dituntut untuk memahami dasar desain visual, seperti keseimbangan, proporsi, dan kesatuan. Keseimbangan disini merupakan keseimbangan formal dan keseimbangan informal dari sebuah desain. Sedangkan proporsi merupakan perbandingan matematis agar keseimbangan didapatkan. Sementara itu, kesatuan merupakan dasar desain visual yang menyatukan semua aspek, sehingga desain benar-benar terlihat utuh sebagai satu kesatuan.

Jenis grafis sendiri dibagi menjadi dua yakni : grafis vektor dan grafis bitmap. Grafis vektor adalah sebuah gambar kombinasi grafis dan titik untuk membuat animasi 2D maupun 3D. Sedangkan grafis bitmap merupakan sebuah gambar kumpulan titik-titik dengan menggunakan piksel warna.

Selain mempelajari dasar-dasar keilmuan desain grafis, pelatihan desain grafis Jogja juga belajar mengenai software yang digunakan untuk mendesain. Dengan memanfaatkan teknologi komputer beserta peralatan yang lainnya, juga didukung dengan software. Diantara software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, InDesign, dan CorelDraw.

CorelDraw merupakan software/aplikasi program komputer yang digunakan dalam desain grafis, terutama grafik vektor. Software ini dipercaya di berbagai kalangan untuk desain visual, sehingga salah satu pembelajarannya akan menggunakan software ini.

Adobe Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi dan memperbaiki baik gambar maupun foto. Sampai saat ini belum ada software yang sebanding dengan Adobe Photoshop untuk dapat mendesain dengan baik.

InDesign yaitu salah satu produk dari Adobe yang digunakan untuk mendesain poster, flyer, buku, majalah, dan koran. Selain itu, InDesign juga mendukung untuk format XML, markup coding, dan style sheet.

Pelatihan desain grafis jogja sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki keterampilan di bidang gambar dan desain. Apalagi didukung dengan passion yang sesuai pada bidangnya, untuk mengasah lebih jauh lagi. Di era sekarang, desain grafis dalam setiap perusahaan dibutuhkan untuk mendukung bagian pemasaran. Salah satunya untuk mempromosikan produk di media sosial, hal ini membutuhkan dukungan dari seorang desain grafis untuk memberikan komunikasi secara visual agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

Dengan adanya pelatihan grafis jogja, seorang desain grafis akan lebih terampil dalam mendesain suatu gambar. Dengan demikian, pekerjaannya akan dapat diselesaikan dengan mudah dan sesuai dengan prinsip-prinsip dari desain grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *